Jumat, 23 Januari 2015

Pelestarian Budaya dan Nilai Luhur Bangsa

Apa sih pertama kali yang terlintas dalam benak kita tentang teknologi itu? Ponsel pintar dengan berbagai fitur andalannya? Televisi layar datar dengan kemampuan tiga timensi (3D) nya? Atau robot yang mampu melakukan segala pekerjaan rumah tangga dalam waktu singkat??? Apapun itu dan bagaimanapun cara kerjanya, yang jelas yang namanya teknologi itu sudah tidak asing lagi dalam kehidupan manusia modern saat ini.

Hampir segala sesuatunya sudah pasti menggunakan teknologi sehingga memudahkan dalam berbagai aktivitas sehari-hari, gak kebayang jadinya mesti hidup tanpa teknologi. Mungkin kita akan selamanya menjadi manusia primitif yang mendiami planet bumi ini hingga kiamat nanti. Yang pasti, jangan sampai dech perkembangan teknologi yang amat sangat super pesat itu justru mengerdilkan bahkan memusnahkan peradaban manusia itu sendiri. Mungkin suatu saat nanti, manusia-manusia yang malas hanya mengandalkan robot pengganti yang mengerjakan segala aktivitasnya sampai sangat ketergantungan dan pada akhirnya umat manusia akan punah dan mungkin umat robot-lah yang berikutnya akan memimpin planet yang selama ini kita tempati. Pokoknya jangan sampai terjadi, dan kita sebagai manusia abad 21 harus pintar-pintar dalam menciptakan dan menggunakan teknologi itu.

Bicara soal peradaban, khususnya kita sebagai bangsa Indonesia, bangsa yang besar dengan lebih dari 230 juta penduduknya yang terdiri berbagai macam agama, suku, etnis, dan bahasa, tentunya memiliki beragam adat, budaya, dan nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh nenek moyang kita sejak dahulu. Sebagai generasi penerus, kita seharusnya bangga dong dengan khasanah budaya dan nilai luhur yang bangsa kita miliki. Bangsa lain belum tentu memiliki segudang budaya dan nilai luhur seperti bangsa kita. Kalo boleh jujur, sebenarnya bangsa Indonesia selain lebih kaya sumberdaya alamnya, juga lebih kaya akan beragam budaya dan keramahtamahan masyarakatnya. Walaupun kita kalah dalam teknologi dari bangsa lain, tapi ingatlah kita masih menang dalam hal budaya dan nilai-nilai luhur bangsa. Namun, sayangnya bangsa kita juga masih memiliki kelemahan, yaitu mudah terpengaruh arus globalisasi modern yang berdampak pada gaya hidup kebarat-baratan. Lambat laun, secara tidak sadar kita telah meninggalkan budaya yang kita miliki, nilai-nilai luhur pun mulai tergerus globalisasi yang sarat teknologi itu. Lalu apa yang harus kita lakukan???

Nah, supaya teknologi itu tidak seperti ‘senjata makan tuan’, maka kita harus memahami dengan benar manfaat dan dampak apa saja yang ditimbulkan dari penerapan teknologi tersebut. Tentunya sebagian besar dari kita pasti mengenal internet. Dengan internet kita dapat memperoleh beragam informasi dan menjalin komunikasi. Internet juga dapat dijadikan sebagai media promosi yang mampu dengan cepat menjangkau seluruh dunia. Salah satunya adalah Youtube. Sebagai situs video terbesar di jagad maya, Youtube telah menginspirasi banyak orang untuk unjuk gigi meraih popularitas dalam berbagai bentuk aksinya. Mengapa kita tidak mencoba untuk mengunggah video-video yang cenderung lebih berkaitan dengan budaya kita di situs internasional tersebut. Kita dapat mengunggah video seperti kesenian tradisional, upacara-upacara adat seperti perkawinan, pemberian gelar, dan sebagainya yang ada di daerah kita. Dengan begitu, kita dapat saling bertukar informasi mengenai adat istiadat setempat walaupun kita belum pernah ke sana sebelumnya. Dengan banyaknya video-video keberagaman Indonesia yang ada di Youtube, maka secara tidak langsung akan memberikan dampak positif pada Indonesia di mata dunia. Mereka bangsa lain, akan semakin berdecak kagum dengan masyarakat kita yang bangga mengapresiasi kekayaan budayanya sendiri. Selain itu, para wisatawan asing akan semakin tertarik untuk berkunjung ke daerah yang populer di situs tersebut. Hal ini tidak hanya mendatangkan devisa bagi negara, juga meningkatkan perekonomian penduduk setempat.

Maka dari itu, berbanggalah kita sebagai bangsa yang beradab yang masih memiliki dan terus melestarikan budaya dan nilai luhur yang diwariskan pendahulu kita. Manfaatkanlah teknologi untuk sesuatu yang berdayaguna dan tidak merugikan orang lain. Budaya dan nilai luhur kita akan tetap terjaga apabila kita mampu mensinergikan teknologi dengan budaya dan nilai luhur tersebut. Sehingga menjadikan bangsa Indonesia mampu bersaing dengan bangsa lain dalam pemanfaatan teknologi serta unggul dalam pelestarian budaya dan nilai luhur bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar